ellsa

ellsa
:)

Senin, 14 November 2011

RESENSI NOVEL "TAJ MAHAL" karya jhon shors

                             DIBALIK BANGUNAN INDAH

Judul              :  Taj Mahal
Penulis             :  Jhon Shors
Penerbit           :  PT MIZAN PUSTAKA
Penerjemah      :  Meithya Rose
Tebal               :  457 halaman
Harga              :  Rp. 48.585,00

            Jhon Shors merupakan penulis yang telah lama tinggal di Jepang. Dia lahir di kota Des Moinas Lowa, Ia merupakan lulusan Collorado dan banyak mendapatkan penghargaan di bidang Jurnalis. Selain sebagai seorang penulis Ia juga berprofesi sebagai wartawan.
            Karya-karyanya banyak diminati di seluruh dunia dan juga para penulis di berbagai penjuru. Novelnya telah banyak diterjemahkan dalam dua puluh bahasa. Salah satu novelnya yang menjadi best seller yaitu “ Taj Mahal “.
Jahanara yang hidup dalam dalam lingkungan cinta kasih ayahnya Sultan Jahan, ibunya Muntaj Mahal dan kakak laki-lakinya, Dara. Ketiga orang itu mengajarkan Jahanara tentang Pri kemanusiaan. Ayahnya adalah seorang sultan tangguh, berhati lembut ,yang begitu mencintai Ibunya dan tidak jarang Ibunya yang mengatur urusan kerajaan, karena Ia  merupakan wanita yang bijaksana yang mampu mengambil keputusan yang tepat demi kerajaan. Dara, kakaknya selalu berusaha menyatukan kaum Muslim dan kaum Hindu, dan juga mengajari Jahanara untuk memaknai hidup orang di kelas bawah.
              Namun, kebahagian Jahanara sebagai remaja hanya sementara karena terusik oleh adik laki-lakinya bernama Aungrazeb yang ambisius menguasai kerajaan. Ia membenci Jahanara dan juga Dara. karena baginya merekalah penghalang atas ke inginannya.dan Aungrazeb pernah ingin membunuh Jahanara,namun hal itu tidak berhasil. Karena Jahanara di selamatkan oleh seorang nelayan. Selain adiknya yang merenggut kebahagiaannya, Ia juga harus mengahadapi suami politiknya yang bernama Khondamir.
              Kesedihan tidak sampai disitu Jahanara harus kehilangan ibunya karena meninggal ketika melahirkan anak terakhirnya dengan sungsang. Ayah Jahanara terpuruk dalam kejadian tersebut,sejak saat itu urusan kerajaan menjadi terbengkalai. Dan ditengah kesedihan itu Jahanara menemukan cinta yang selama ini yang Ia dambakan, yaitu cintanya pada seorang ahli kaligrafi bernama Isa. Ialah yang merancang makam ibunya yaitu bangunan indah bernama Taj Mahal.
            Disamping pembangunan Taj Mahal konflik semakin bertambah karena Aungrazeb berkhianat secara terang-terangan ketika mengetahui Ayahnya sakit. Pada saat itu kekuasaan dipegang oleh Dara,karena iri dengan Dara yang dipercayai oleh Ayahnya untuk memegang tahta kerajaan. Aungrazeb pun menyerang Dara dengan beribu pasukan pengkhianat kerajaan Ayahnya. Apakah yang terjadi pada pengkhianatan ini selanjutnya ? Dan apa yang terjadi pada Taj mahal selanjutnya ?
            “ketika kami memasuki ruangan ini, mereka meninggalkan bagian dalam bangunan yang bersinar-sinar. Ruangan ini berbentuk persegi delapan,dengan delapan ambang pintu melengkung menawarkan pintu masuk .. “.( halaman 269 )
            Shors menggambarkan bentuk Taj Mahal dengan rinci di dalam karyanya sehingga membuat pembaca merasakan tempat tersebut. Shors juga banyak mengulas berbagai taktik hebat di dalamnya.taktik yang dilakukan jahanara unutk menyerang Aungrazeb.  Dengan taktik ini pembaca merasakan akan kepuasaan tersendiri ketika membacanya.
            Shor menggunakan istilah dengan bahasa dimana peristiwa itu terjadi, jadi sulit bagi pembaca untuk memahaminya, dan banyaknya  majas hiperbola yang makin membuat tulisan menjadi menarik. Alur yang digunakan dalam novel ini maju-mundur dan menggunakan sudut pandang orang pertama di luar cerita.
            Novel ini menarik untuk di baca karena kita dapat melihat sebuah pengorbanan yang dapat kita contoh untuk mencapai suatu hal yang di inginkan. Dan juga mengajarkan kita untuk bersabar dalam kondisi apa pun.dan dalam novel ini dapat kita simpulkan bahwa pembangunan Taj Mahal ini merupakan cinta Isa kepada Jahanara.



NAMA                        : ELSA JUNITA
KELAS                       : XI IPA 2
ALAMAT                   : FORTUNA RAYA J NO.7
Dengan ini saya menyatakan bahwa novel yang saya pilih telah saya baca sampai dengan halaman terakhir dan selesai.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar